Rabu, 10 Januari 2018
Standar
Operasional Prosedur (SOP)
Assalamualaikum
wr wb
A.Pendahuluan
1.Pengertian
Standar
Operasional Prosedur (SOP) adalah dokumen yang berkaitan dengan
prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu
pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling
efektif dari para pekerja dengan biaya yang serendah-rendahnya
2.Latar
Belakang
Disini
terkadang seseorang dalam melakukan suatu hal atau pekerjaan tidak
memperhatikan tentang prosedur kerja, bisa jadi pekerjaan yang mereka
lakukan itu salah atau tidak sesuai. Maka disini dibuatlah SOP
yang berguna untuk memberikan prosedur-prosedur untuk melalukan
pekerjaan yang lebih baik agar lebih efektif.
3.Maksud
dan Tujuan
SOP
ini dibuat agar para karyawan bisa bekeja sesuai prosedur yang telah
ditentuka oleh perusahaan/tempat mereka bekerja agar dapat bekerja
lebih efektif dan tidak terjadi kesalahan.
4.Hasil
yang diharapkan
Agar
semua orang dapat memahami dengan adanya SOP.
B.Alat
dan Bahan
PC
dan Browser
C.Jangka
waktu pelaksanaan
Hari/Tanggal
:Sabtu,11 November 2017
D.Proses
dan tahapan kerja
Standar
Operasional Prosedur (SOP) adalah dokumen yang berkaitan dengan
prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu
pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling
efektif dari para pekerja dengan biaya yang serendah-rendahnya.
Tujuan
pembuatan SOP adalah untuk menjelaskan perincian atau standar yang
tetap mengenai aktivitas pekerjaan yang berulang-ulang yang
diselenggarakan dalam suatu organisasi. SOP yang baik adalah SOP yang
mampu menjadikan arus kerja yang lebih baik, menjadi panduan untuk
karyawan baru, penghematan biaya, memudahkan pengawasan, serta
mengakibatkan koordinasi yang baik antara bagian-bagian yang
berlainan dalam perusahaan.
Manfaat
SOP :
*Sebagai
standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan
pekerjaan khusus, mengurangi kesalahan dan kelalaian.
*SOP
membantu staf menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada
intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan
dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
*Meningkatkan
akuntabilitas dengan mendokumentasikan tanggung jawab khusus dalam
melaksanakan tugas.
*Menciptakan
ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai. cara konkret
untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang
telah dilakukan.
*Menciptakan
bahan-bahan training yang dapat membantu pegawai baru untuk cepat
melakukan tugasnya.
Prinsip
Kerja SOP :
-
Konsisten. SOP harus dilaksanakan secara konsisten dari waktu ke
waktu, oleh siapapun, dan dalam kondisi apapun oleh seluruh jajaran
organisasi pemerintahan.
-Komitmen.
SOP harus dilaksanakan dengan komitmen penuh dari seluruh jajaran
organisasi, dari level yang paling rendah dan tertinggi.
-Perbaikan
berkelanjutan. Pelaksanaan SOP harus terbuka terhadap
penyempurnaan-penyempurnaan untuk memperoleh prosedur yang
benar-benar efisien dan efektif.
-Mengikat.
SOP harus mengikat pelaksana dalam melaksanakan tugasnya sesuai
dengan prosedur standar yang telah ditetapkan.
-
Seluruh unsur memiliki peran penting. Seluruh pegawai peran-peran
tertentu dalam setiap prosedur yang distandarkan. Jika pegawai
tertentu tidak melaksanakan perannya dengan baik, maka akan
mengganggu keseluruhan proses, yang akhirnya juga berdampak pada
proses penyelenggaraan pemerintahan.
-Terdokumentasi
dengan baik. Seluruh prosedur yang telah distandarkan harus
didokumentasikan dengan baik, sehingga dapat selalu dijadikan
referensi bagi setiap mereka yang memerlukan.
E.Hasil
yang didapatkan
Apabila
kita memahami adanya SOP pasti perkerjaan yang dilakukan akan lancar
dan lebih efisien.
F.Kesimpulan
Mulai
sekarang kita jalankan SOP yang ada di tempat bekerja kita,agar tidak
terjadi insiden yang tidak diinginkan.
G.Referensi
wassalamualaikum
wr wb